Kunjungan Kerja Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah IV ke Politeknik Piksi Input Serang

Sistem Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami peningkatkan transparasi administrasi dengan Perguruan Tinggi. Pada Selasa, 25 Juli 2023 Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah IV Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU mengunjungi Politeknik Piksi Input Serang dalam rangka pembinaan Perguruan Tinggi untuk peningkatan Akreditasi Institusi. Kunjungan pembinaan yang diadakan di Aula Gedung Algaf Politeknik Piksi Input Serang pun dihadiri oleh Pembina Politeknik Piksi Input Serang Ibu Dr. Ida Farida, S.E., M.M dan Ketua Yayasan Piksi Input Serang Dr. H. Raffa Adi Galuh Agung, S.E., M.M.

Untuk meningkatkan akreditasi Perguruan Tinggi sangat ditentukan oleh Lulusan yang di serap dunia kerja, seberapa baik dan berkualitasnya Perguruan Tinggi akan tercermin dari Lulusan yang telah bekerja di Dunia Kerja. Selain itu, administrasi suatu Perguruan Tinggi juga sangat menentukan suatu Akreditasi Perguruan Tinggi. Karena Administrasi yang baik mencerminkan suatu kualitas pelaksanaan yang terdokumentasi. Sehingga kualitas kegiatan Tri Dharma yang telah dilaksanakan Perguruan Tinggi jika terdokumentasi akan memberikan manfaat bagi Perguruan Tinggi dan Masyarakat.

Dari Proses Administrasi, Bapak Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU menjelaskan ada dua hal yang harus terpenuhi dan sangat mempengaruhi dalam peningkatan Akreditasi yaitu taat Azas dan taat Mutu. Taat Azas terdiri Taat administrasi ketertiban serta kevalidan data pelaporan Perguruan Tinggi ke LLDIKTI dan dokumen kegiatan Perguruan Tinggi yang terecord dengan baik. Sedangkan taat Mutu terdiri dari SDM Berkuliatas, Pimpinan Perguruan Tinggi yang berkomitmen dan terintegrasi, Dukungan kuat badan penyelenggara, dan Sarana dan Prasarana termasuk sistem IT. Selain adminstrasi, proses pembelajaran pun sangat menentukan peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi. Bapak Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU menjelaskan beberapa strategi pembelajaran Pasca Pandemi dengan menentukan beberapa sasaran yaitu 1) Meningkatkan kompetensi Dosen dan Pembelajaran, 2) Kurikulum berbasis Outcome Base Education (OBE), 3) Sarana dan Prasarana kuliah/fasilitas Pendidikan, 4) Metode perkuliahan (PBL, Project Based Learning, pemanfaatan teknologi digital, berorientasi pada entrepreneur dan kreativitas, dan pengoptimalan pembelajaran dengan konten. Saat ini peningkatan akreditasi Perguruan Tinggi menjadi Perguruan Tinggi Unggul telah mengalami peningkatan sehingga diharapankan dengan adanya kunjungan ini pun dapat memberi arahan dan motivasi bagi Perguruan Tinggi yang telah dikunjungi.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Mahasiswa Politeknik Piksi Input...
Keamanan siber adalah isu yang semakin mendesak dalam dunia di...
Realiasasi Kerjasama Luar Negri ...
Politeknik Piksi Input Serang telah menjalin berbagai Kerjasam...
PENDIDIKAN UNTUK INDONESIA MAJU ...
Karnaval Kecamatan Desa Kramatwatu disambut meriah oleh partis...
PENUNJUKAN PENERIMA KIPK-MERDEKA...
Membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah bagian dar...
Kemenkominfo memberikan pengharg...
Hebatnya, predikat peserta kompeten itu diraih oleh mahasiswa ...
Poltek-PIS bersama LKBA Kecamata...
Semangat kemerdekaan Masyarakat pada bulan Agustus ini telah d...